Wawasan Terkini

Dapatkan Wawasan Terkini Setiap Hari

IX Indobursa Exchange: Membuka Jalan Menuju Perdagangan Komoditas yang Lebih Transparan dan Efisien

IX Indobursa Exchange: Membuka Jalan Menuju Perdagangan Komoditas yang Lebih Transparan dan Efisien

by Budi Santoso at 05 Oct 2024 20:56

Dalam upaya meningkatkan transparansi dan efisiensi perdagangan komoditas strategis di Indonesia, IX Indobursa Exchange menjadi salah satu pelaku kunci yang berperan. Bursa komoditi ini hadir dengan fokus pada perdagangan komoditas, terutama minyak sawit mentah (CPO) sebagai produsen terbesar di dunia.

Acara Perkenalan IX Indobursa Exchange

IX Indobursa Exchange menyelenggarakan acara perkenalan untuk memperkenalkan diri kepada para pemangku kepentingan, serta menunjukkan potensi perdagangan komoditas yang lebih transparan, teratur, dan efektif. Beberapa tujuan utama acara tersebut antara lain:

  • Memperkenalkan IX Indobursa Exchange sebagai bursa perdagangan komoditi yang andal dan transparan, serta memiliki izin sebagai bursa berjangka dari Bappebti - Kementerian Perdagangan.
  • Memberikan wawasan tentang mekanisme perdagangan komoditi berjangka di Indobursa yang berbasiskan multilateral.
  • Membangun jaringan dengan pelaku industri, seperti pengusaha kelapa sawit, pialang komoditi, dan pihak pemerintah.
  • Menyediakan ruang diskusi terkait perkembangan industri komoditi berjangka di Indonesia dan tantangan ke depan.

Respon Pihak Terkait

Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN), M. Arsjad Rasjid Prabu Maungkuningrat, menyambut baik kehadiran IX Indobursa Exchange dan mengungkapkan harapannya terhadap perannya dalam mendorong pasar komoditas Indonesia secara global.

Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia, Budi Susanto, memberikan apresiasi atas langkah IX Indobursa Exchange. Dia yakin akan adanya perkembangan signifikan dalam pengelolaan pasar komoditi yang lebih modern, inklusif, dan kompetitif.

Kepala Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), Dr. Ir. Kasan, MM, menyatakan bahwa Indobursa Exchange adalah wujud nyata dari rencana pemerintah yang akan menciptakan referensi harga transparan dan kredibel untuk mendukung posisi Indonesia di pasar global.

Konsep Kolaborasi Sehat

Indobursa Exchange menerapkan konsep kolaborasi sehat dengan pihak-pihak di industri kelapa sawit, mulai dari petani kecil hingga perusahaan besar. Dengan demikian, Indobursa tidak hanya menyediakan pasar terbuka, tetapi juga mendukung peningkatan kualitas produk dan efisiensi perdagangan.

Perkenalan IX Indobursa Exchange diharapkan menjadi langkah awal bagi transformasi industri kelapa sawit Indonesia menuju perdagangan yang lebih modern, transparan, dan berkelanjutan.