Wawasan Terkini

Dapatkan Wawasan Terkini Setiap Hari

IHSG Hadapi Aksi Profit Taking, Apa Strategi Investor?

IHSG Hadapi Aksi Profit Taking, Apa Strategi Investor?

by Dika Saputra at 18 Oct 2024 08:59

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Jumat (18/10/2024), diperkirakan akan menghadapi sentimen aksi profit taking dan diperkirakan bergerak di pivot critical 7.700. Proyeksi ini datang dari Tim Riset Phintraco Sekuritas yang menilai bahwa keputusan Bank Indonesia (BI) untuk menahan suku bunga acuan menjadi faktor utama dalam pergerakan pasar saat ini. Selain itu, ada sinyal positif dari akumulasi saham-saham yang sensitif terhadap suku bunga, khususnya di sektor perbankan, yang memberikan dorongan bagi IHSG.

Pemantauan IHSG dan Level Kritis

Berdasarkan data dari RTI Business, IHSG ditutup mengalami penguatan sebesar 1,13% atau naik sebanyak 86 poin ke level 7.735,03 pada perdagangan sebelumnya. Sepanjang transaksi tersebut, IHSG bergerak dalam rentang 7.657,72 hingga 7.758,67. Dengan tren positif ini, ada harapan untuk penguatan berlanjut, terutama dengan pengujian level 7.750 hari ini.

Indikasi Teknikal dan Sentimen Pasar

Secara teknikal, penguatan IHSG didukung dengan pelebaran positif pada MACD, namun terdapat juga indikasi rotasi menuju saham-saham second liner. Ini memberikan peluang bagi investor untuk menganalisis potensi pergerakan di sektor-sektor lain sambil tetap waspada terhadap kemungkinan aksi profit taking.

Kondisi Berita Ekonomi Global

Salah satu faktor fundamental yang mempengaruhi IHSG saat ini adalah data ekonomi global. Terdapat indikasi pelemahan nilai ekspor Jepang serta perlambatan pertumbuhan nilai impornya. Sebelumnya, kondisi serupa juga terjadi di Amerika Serikat (AS). Data-data terbaru ini melahirkan pemahaman akan potensi penurunan perdagangan dunia pada akhir kuartal III/2024.

Fokus dalam Negeri: Pelantikan Presiden

Dari dalam negeri, perhatian pasar saat ini tertuju pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih yang akan berlangsung pada 20 Oktober 2024. Dalam momen tersebut juga akan diumumkan kabinet baru yang diisi oleh nama-nama menteri yang dijadwalkan dilantik pada 21 Oktober 2024. Ini diharapkan dapat memberikan sentimen positif atau malah menambah tekanan pada IHSG tergantung dari kebijakan yang akan diambil oleh pemerintahan baru.

Saham-Saham Top Picks

Tim Riset Phintraco Sekuritas juga telah menjabarkan beberapa saham yang menjadi rekomendasi atau top picks pada perdagangan hari ini, di antaranya:

Kode Saham Nama Perusahaan
ENRG PT Energi Mega Persada Tbk.
BRPT PT Barito Pacific Tbk.
ASII PT Astra International Tbk.
BRIS PT Bank Syariah Indonesia (Persero) Tbk.
MDKA PT Merdeka Copper Gold Tbk.

Investor disarankan untuk melakukan analisis secara cermat sebelum mengambil keputusan. Sebagai tambahan, penting untuk diingat bahwa keputusan investasi sepenuhnya berada di tangan pembaca dan berita ini tidak bertujuan untuk mendorong pembelian atau penjualan saham.

Kesimpulan: Waspadai Sentimen Pasar

Melihat dinamika yang ada, IHSG diharapkan akan tetap stabil dengan adanya sentimen positif dari akumulasi saham-saham rate sensitive. Namun, potensi profit taking juga selalu ada, sehingga kesiapan investor untuk menghadapi fluktuasi sangatlah krusial. Pada hari ini, dengan pivot critical di level 7.700 dan support di 7.650, pemantauan secara berkesinambungan terhadap pergerakan saham akan menjadi kunci dalam mengambil keputusan investasi yang tepat.