Wawasan Terkini

Dapatkan Wawasan Terkini Setiap Hari

Rupiah Menguat, Terdepan di Asia Melawan Dolar AS

Rupiah Menguat, Terdepan di Asia Melawan Dolar AS

by Andika Pratama at 11 Oct 2024 15:44

JAKARTA. Rupiah ditransaksikan pada level Rp 15.609 per dolar Amerika Serikat (AS) di Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI) pada Jumat (11/10). Angka ini menunjukkan penguatan sebesar 0,31% dibandingkan dengan hari sebelumnya yang tercatat pada Rp 15.658 per dolar AS. Meski mengalami penguatan harian, rupiah Jisdor mengalami pelemahan sebesar 0,73% dalam sepekan terakhir, di mana pekan lalu ditutup pada level Rp 15.495 per dolar AS.

Dalam perkembangan terbaru, pergerakan rupiah di Jisdor BI seirama dengan kondisi di pasar spot. Tercatat, rupiah spot mengakhiri perdagangan pada hari yang sama di level Rp 15.578 per dolar AS, meningkat 0,64% dari hari sebelumnya yang ada di Rp 15.678 per dolar AS. Namun, dalam hitungan mingguan, rupiah di pasar spot juga tercatat melemah 0,60% dari pekan lalu yang berada pada level Rp 15.485 per dolar AS.

Penguatan Mata Uang Asia

Berdasarkan laporan yang ada, rupiah tidak hanya menunjukkan penguatan sendiri, tetapi juga memimpin penguatan di antara mata uang Asia lainnya terhadap dolar AS. Pada sore tersebut, mayoritas mata uang Asia mengalami penguatan, di mana setelah rupiah, terdapat won Korea Selatan yang tumbuh 0,42%, baht Thailand yang meningkat 0,41%, serta ringgit Malaysia yang naik 0,20%. Selain itu, peso Filipina melesat 0,17%, yuan China menguat 0,13%, dolar Taiwan naik 0,12%, dan dolar Singapura yang juga tercatat naik sebesar 0,05% terhadap dolar AS.

Pergerakan Dolar dan Dampak Indeks Dolar Global

Di sisi lain, beberapa mata uang seperti dolar Hong Kong, yen Jepang, dan rupee India justru mengalami pelemahan terhadap dolar AS, masing-masing melemah sebesar 0,01%, 0,09%, dan 0,11%. Indeks dolar yang mencerminkan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama dunia pun mencatatkan angka 102,81, menurun dari sebelumnya yang sebesar 102,98. Penurunan ini bisa jadi mencerminkan dampak dari pergerakan golongan mata uang lainnya yang memberikan tekanan kepada dolar AS.

Analisis Pergerakan Rupiah

Penguatan rupiah yang cukup signifikan dalam sehari ini tentu menjadi catatan penting dalam pergerakan nilai tukar. Hal ini bisa berpengaruh terhadap berbagai aspek perekonomian Indonesia, termasuk impor, ekspor, serta stabilitas harga barang dan jasa. Penetapan bank sentral, dalam hal ini BI, menjadi kunci bagi penguatan rupiah ke depannya, terutama dalam upaya menjaga daya saing nasional.

Beberapa analis menyebutkan bahwa penguatan rupiah ini berpotensi menghimpun kembali kepercayaan investor baik domestik maupun asing. Dengan stabilitas yang ditunjukkan oleh nilai tukar, diharapkan akan ada peningkatan dalam investasi dan kegiatan bisnis lain yang menunjang pertumbuhan ekonomi.

Dampak terhadap Ekonomi

Penguatan rupiah di satu sisi dapat memberikan dampak positif, tetapi di sisi lain juga dapat memberikan tantangan bagi eksportir Indonesia. Kenaikan nilai tukar rupiah dapat membuat produk-produk lokal menjadi lebih mahal di pasar internasional, yang berpotensi mengurangi kompetitifitas. Oleh karena itu, pihak-pihak terkait perlu memikirkan strategi yang tepat agar bisa menjaga keseimbangan antara penguatan rupiah dan kinerja ekspor.

Tabel: Perbandingan Kinerja Mata Uang di Asia terhadap Dolar AS

Mata Uang Perubahan (dari Dolar AS)
Rupiah (IDR) +0,64%
Won (KRW) +0,42%
Baht (THB) +0,41%
Ringgit (MYR) +0,20%
Peso (PHP) +0,17%
Yuan (CNY) +0,13%
Dolar Taiwan (TWD) +0,12%
Dolar Singapura (SGD) +0,05%
Dolar Hong Kong (HKD) -0,01%
Yen Jepang (JPY) -0,09%
Rupee India (INR) -0,11%

Secara keseluruhan, penguatan rupiah di tengah pasar mata uang Asia memberikan harapan akan stabilisasi ekonomi di Indonesia. Melihat tren positif ini, diharapkan akan menjadi motivasi bagi pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya dalam menjalankan kebijakan yang mendukung pertumbuhan ekonomi.