Wawasan Terkini

Dapatkan Wawasan Terkini Setiap Hari

Rupiah Menguat Tipis, Apa Penyebabnya?

Rupiah Menguat Tipis, Apa Penyebabnya?

by Intan Sari at 17 Oct 2024 15:16

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menunjukkan tren positif pada hari ini, Kamis (17/10). Setelah penutupan perdagangan, kurs rupiah spot tercatat pada angka Rp 15.507 per dolar AS, menguat sebesar 0,2% dibandingkan dengan penutupan sebelumnya yang berada di Rp 15.510 per dolar AS. Dalam waktu sepekan terakhir, rupiah bahkan tercatat mengalami penguatan hingga 1,09%.

Stabilitas Rupiah Jadi Fokus Bank Indonesia

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menjelaskan bahwa dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) kemarin, fokus jangka pendek BI adalah menjaga stabilitas rupiah. Dia menjelaskan bahwa BI memutuskan untuk menahan suku bunga BI Rate di angka 6% demi menciptakan kestabilan tersebut.

Dalam analisisnya, ekonom Barclays Brian Tan mengemukakan bahwa BI berpotensi untuk melanjutkan penurunan suku bunga di bulan November dan Desember, masing-masing sebesar 25 basis poin. Tan menyebutkan bahwa kemungkinan suku bunga akan turun dua kali lagi di paruh pertama tahun depan, namun hal ini masih bergantung pada nilai tukar rupiah saat itu.

Tantangan di Pasar Mata Uang Asia

Di sisi lain, mayoritas mata uang negara-negara Asia hari ini terpantau mengalami pelemahan. Hanya rupiah dan dolar Taiwan yang menunjukkan performa yang lebih baik dengan penguatan masing-masing sebesar 0,06% dan 0,02% terhadap dolar AS. Sementara itu, mata uang lain seperti won Korea, ringgit Malaysia, yuan China, yen Jepang, peso Filipina, rupee India, dolar Singapura, baht Thailand, dan dolar Hong Kong mengalami penurunan nilainya.

Dalam beberapa waktu terakhir, tren pelemahan mata uang Asia ini menjadi perhatian bagi para pelaku pasar. Banyak yang merespons perkembangan ini dengan kekhawatiran akan dampak yang lebih luas terhadap ekonomi regional.

Indeks Dolar AS Menguat

Sebaliknya, indeks dolar AS yang menunjukkan nilai tukar dolar terhadap mata uang utama dunia menguat tipis sebesar 0,02% menjadi 103,61 dari penutupan sebelumnya di angka 103,59. Dalam sepekan terakhir, indeks dolar ini menguat sebesar 0,6%. Penegasan ini menunjukkan bahwa walaupun rupiah menguat, secara keseluruhan dolar AS tengah berada dalam tren penguatan.

Perekonomian Global dan Implikasinya

Ketidakpastian yang tinggi di pasar global turut berpengaruh pada dinamika nilai tukar. Pergolakan yang terjadi di berbagai belahan dunia, termasuk isu geopolitik, fluktuasi harga komoditas, serta kebijakan moneter negara-negara besar, semua ini berpengaruh langsung pada performa mata uang.

Oleh karena itu, ketidakpastian mengenai waktu dan besaran pemangkasan suku bunga BI Rate mendatang menunjukkan bahwa para investor dan pelaku pasar harus lebih berhati-hati. Menyimak perkembangan nilai tukar dengan cermat akan sangat krusial di saat-saat seperti ini.

Analisis dan Prediksi untuk Ke Depan

Melihat sentimen yang ada saat ini, analis percaya bahwa kedepannya, pergerakan nilai tukar rupiah akan tetap bergantung pada kebijakan fiskal dan moneter yang diterapkan oleh Bank Indonesia serta reaksi pasar global terhadap berbagai sentimen perekonomian yang muncul.

Risiko dari ekspektasi penurunan suku bunga di dalam negeri, apalagi jika diiringi oleh pelemahan yang lebih besar pada dolar AS, akan menjadi faktor yang turut mempengaruhi proyeksi nilai tukar rupiah ke depannya. Jika suku bunga benar-benar diturunkan, para pelaku pasar diharapkan tetap waspada terhadap dampaknya pada inflasi dan pertumbuhan ekonom.

Sebagai penutup, pergerakan nilai tukar rupiah kita saat ini menunjukkan harapan untuk stabilitas dalam jangka pendek, namun tantangan masih akan muncul seiring dengan kondisi global yang tidak menentu. Pertahankan kewaspadaan dan tetap ikuti berita dan analisis terkini yang dapat memengaruhi keputusan dalam berinvestasi maupun bertransaksi di pasar.