Wawasan Terkini

Dapatkan Wawasan Terkini Setiap Hari

Rupiah Menguat Tipis, Mata Uang Asia Ikut Meroket!

Rupiah Menguat Tipis, Mata Uang Asia Ikut Meroket!

by Intan Sari at 18 Oct 2024 09:12

Rupiah spot kembali menunjukkan kekuatan pada perdagangan pagi ini, Jumat (18/10). Dalam transaksi yang berlangsung hingga pukul 09.13 WIB, rupiah tercatat berada di level Rp 15.492 per dolar Amerika Serikat (AS). Angka ini menunjukkan penguatan sebesar 0,09% jika dibandingkan dengan posisi kemarin yang berada di level Rp 15.507 per dolar AS.

Pergerakan Mata Uang di Asia

Tidak hanya rupiah, seluruh mata uang di kawasan Asia juga mencatatkan penguatan terhadap dolar AS pada pagi hari ini. Baht Thailand mencatat penguatan terbesar dengan kenaikan mencapai 0,28%. Pesso Filipina mengikuti dengan penguatan sebesar 0,15%, sementara yen Jepang juga menunjukkan tanda-tanda penguatan sekitar 0,11%.

Statistik Pergerakan Mata Uang

Mata UangPerubahan (%)
Baht Thailand+0,28%
Peso Filipina+0,15%
Yen Jepang+0,11%
Rupiah+0,09%
Ringgit Malaysia+0,08%
Dolar Singapura+0,02%
Won Korea+0,02%
Dolar Taiwan+0,01%
Yuan China+0,01%

Indeks Dolar AS Turun

Indeks dolar AS, yang mencerminkan nilai tukar dolar terhadap mata uang utama dunia, ditemukan berada pada level 103,73, mengalami penurunan dari sehari sebelumnya yang tercatat di 103,82. Penurunan ini menunjukkan adanya tekanan terhadap dolar, yang berpotensi memberikan ruang lebih bagi mata uang-mata uang lain, termasuk rupiah, untuk menguat.

Sentimen Pasar Global

Perdagangan mata uang dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk data ekonomi baru-baru ini, kebijakan moneter, serta ketidakpastian geopolitik yang dapat mempengaruhi kepercayaan investor. Apalagi, menjelang akhir tahun, situasi ekonomi global menunjukkan tanda-tanda pemulihan, meskipun masih terdapat tantangan yang harus dihadapi oleh banyak negara.

Analisis dan Prediksi

Penguatan rupiah dan mata uang lainnya di Asia dapat menjadi pertanda positif bagi investor. Namun, perlu diingat bahwa fluktuasi tetap menjadi hal yang biasa dalam pasar valuta asing. Dengan perekonomian yang tetap dinamis, pelaku pasar disarankan untuk terus memantau perkembangan terkait kebijakan ekonomi dan situasi global yang mungkin mempengaruhi nilai tukar mata uang.

Ke depannya, pelaku pasar akan menunggu data inflasi serta kebijakan suku bunga dari bank sentral yang dapat memberikan petunjuk lebih lanjut tentang arah pergerakan mata uang. Apakah rupiah akan terus menguat? Hanya waktu yang dapat menjawabnya.