Wawasan Terkini

Dapatkan Wawasan Terkini Setiap Hari

Stabilitas Harga Komoditas dan Peluang Saham di Semester II/2024

Stabilitas Harga Komoditas dan Peluang Saham di Semester II/2024

by Eko Nugroho at 11 Oct 2024 04:56

Pada semester II tahun 2024 ini, pasar komoditas menunjukkan stabilitas harga yang cukup menarik perhatian para investor. Dengan sejumlah komoditas yang mencatatkan harga stabil, laporan terbaru dari Senior Research Analyst Lotus Andalan Sekuritas, Fath Aliansyah, mengungkapkan bahwa situasi ini mencerminkan fundamental pasar yang ada saat ini.

Harga Komoditas Cermin Fundamental

Fath Aliansyah menjelaskan bahwa meski harga komoditas saat ini stabil, perubahan signifikan dapat terjadi jika terjadi lonjakan permintaan, khususnya dari Cina. “Ini bisa dipicu oleh efek stimulus yang sedang dijalankan oleh pemerintah Cina,” kata Fath pada Kamis (10/10/2024).

Komoditas Nikel Menarik Untuk Dicermati

Salah satu komoditas yang patut diperhatikan adalah nikel. Menurut Fath, efek dari stimulus yang digelontorkan oleh China dapat membuat nikel sebagai salah satu komoditas yang menarik untuk dicermati meskipun dampaknya baru akan terasa dalam jangka panjang.

Saham Emas Tampil Positif

Dari sisi saham, Fath mencatat bahwa emiten-emiten di sektor emas menunjukkan kinerja yang cukup positif. Meskipun demikian, ia menyebutkan bahwa menemukan emiten emas dengan harga yang wajar dan murni sebagai pemain emas di pasar tidaklah mudah.

Kebijakan Pemerintah Perkuat Pasar CPO

Selain itu, dalam konteks komoditas minyak sawit atau crude palm oil (CPO), Fath menggarisbawahi bahwa kebijakan pemerintah terkait penerapan B40 sangat menguntungkan untuk industri CPO. Namun, investor diminta untuk memperhatikan kemungkinan pembaruan harga acuan domestik yang dapat berpengaruh pada pasar.

“Pernyataan terakhir dari Pak Luhut mengenai larangan lahan baru untuk sawit juga bisa membantu menstabilkan harga,” tambahnya.

Perspektif Terhadap Komoditas Batu Bara

Dalam analisisnya mengenai batu bara, Fath menyampaikan bahwa adanya aturan mengenai Mitra Instansi Pengelola (MIP) dapat memberikan kepastian suplai di dalam negeri serta harga yang lebih baik untuk penjualan domestik. Dengan demikian, PTBA diproyeksikan menjadi salah satu pihak yang paling diuntungkan dari situasi ini.

Pilihan Saham Sektor Komoditas

Lotus Andalan Sekuritas merekomendasikan saham ADRO dan ADMR di sektor komoditas terkait momentum positif serta rencana corporate action yang akan dilakukan. Selain itu, sahabat investor juga disarankan untuk mempertimbangkan PTBA sebagai pilihan utama (top picks) karena berpotensi mendapatkan keuntungan dari aturan MIP tersebut.

Stabilitas Harga Emas dan CPO

Data terbaru menunjukkan bahwa harga komoditas seperti emas, batu bara, dan nikel mulai menunjukkan stabilitas pada semester II/2024. Harga emas spot tercatat mengalami peningkatan sekitar 30% year to date (YtD), mencapai US$2.650 per ons. Sementara itu, harga CPO pun mencatatkan kenaikan menembus 4.300 ringgit per ton.

Kesimpulan dan Rekomendasi Investor

Sejumlah komoditas menghadapi periode stabil yang dapat menjadi peluang baik bagi para investor yang ingin menginvestasikan dananya. Dengan mencermati fundamental dan potensi pertumbuhan dari stimulus ekonomi internasional, investor harus tetap waspada dan siap menghadapi perubahan yang mungkin terjadi di pasar global.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak untuk membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya berada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab atas segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.